RSS

SATURASI DAN NATURASI


Naturalisasi adalah larutan netral yang dibuat dengan mereaksikan asam dan basa. Bila basanya adalah asam karbonat (NaCO3/NaHCO3) yang direaksikan dengan suatu asam, menghasilkan CO2. Semua gas CO2 yang terbentuk tsb harus dihilangkan semuanya.

Saturasi adalah larutan yang mengandung CO2 jenuh. Biasanya diperoleh juga dari reaksi asam dan garam karbonat.

R/           Asam sitrat         5
                NaHCO3               q.s
                Codein HCl          0,2
                m.f saturasi

Air yang tersedia 70% digunakan untuk melarutkan garam karbonat, 30% untuk melarutkan asam dan garam lain yang bersifat netral/asam. Larutan netral sepeti sirup, garam netral ditambahkan ke dalam larutan asam. Bila jumlah garam netral yang akan ditambahkan besar, maka garam tersebut dibagi dua. Sebagian dimasukkan ke dalam asam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam basa. Bahan yang mudah menguap ditambahkan terakhir.

Ke dalam netralisasi dapat ditambahkan bahan yang tidak larut, kemudian dibuat suspensi, sedangkan saturasi tidakboleh ada komponen yang tidak larut karena tidak boleh dikocok. Perbedaan lainnya, saturasi tidak terbagi-bagi (dosis tunggal), sedangkan naturalisasi boleh dosis jamak.

Perbandingan jumlah asam dan basa baik untuk saturasi atau naturalisasi terdapat dalam Farmakopee Belanda ke-V. Sebagai asam sering digunakan asam sitrat/asam tartrat. Sebagai basa untuk saturasi selalu garam karbonat, sedangkan basa untuk netralisasi dapat garam karbonat/amonia.

R/           Asam sitrat         5
                Nat.bic  q             q.s
                Ext.Belladon       0,2
                Sir.Simplex          10
                m.f saturasi        150
                sekali minum habis

Cara Pembuatan :
1. Asam sitrat + air 30%, gerus sampai larut
2. Garam karbonat + 70%, gerus sampai larut
3. Masukkan no.2, lalu 2/3 dari no.1, setelah itu 1/3 dari 1
4. Tutup botol dan ikat dengan tali

Penambahan Bahan ke Saturasi
-Sirup
Bila sirup mengandung lendir, penambahan bahan harus hati-hati mencegah terbentuknya lendir, umumnya sirup yang terbuat dari tanaman.
-Garam yang sukar larut atau yang larut dalam basa seperti asam benzoat dimasukkan dalam basa. Asam benzoat dapat berfungsi sebagai pengawet minuman.


0 komentar:

Posting Komentar